Minggu, 18 September 2016

Obat Tradisional Batuk Pilek Pada Anak

Posted by   on

Cuaca yang kurang bersahabat menjadi alasan utama datangnya penyakit batuk pilek pada anak-anak. Bisa dikatakan penyakit ini menjadi langganan bagi anak-anak, karena penyakit ini sangat mudah menular pada anak-anak. Obat tradisional batuk pilek pada anak dapat menjadi alternatif yang bermanfaat bagi orang tua.

obat tradisional batuk pilek pada anak


Selain karena ramuan yang tergolong mudah dibuat, obat tradisional batuk pilek pada anak juga sangat efektif untuk anak yang tidak menyukai rasa pahit. Cara membuat ramuannya adalah dengan menghancurkan kencur dan jahe. Kemudian rebus kencur dan jahe tersebut dengan air hingga menyisakan takaran satu gelas. Setelah didinginkan, berikan kepada anak setiap malam sebelum tidur hingga batuk pilek sembuh.

Obat Tradisional Batuk Pilek pada Bayi

Ketika bayi mengalami batuk pilek, kebanyakan orang tua tidak tahu cara mengatasinya. Ada juga orang tua yang memberikan obat kimia ketika bayi nya mengalami pilek. Padahal, bahan kimia tersebut tidak bersifat menyembuhkan, melainkan meringankan gejala batuk pilek. Bahan kimia tentu saja tidak baik bagi kesehatan bayi.

obat tradisional batuk pilek pada bayi

Obat tradisional batuk pilek pada bayi sebenarnya cukup sederhana. Cara meraciknya adalah dengan mencampurkan sedikit perasan jeruk nipis dan madu dengan air hangat. Campuran ini kemudian diberikan kepada bayi, sehingga pernafasan bayi menjadi lebih lega. Cara ini hanya efektif untuk bayi berusia 6 bulan keatas.

Cara selanjutnya adalah dengan teknik pengobatan luar. Pengobatan luar ini bisa dilakukan dengan memijat tubuh bayi dengan minyak telon yang dicampurkan bawang merah. Minyak telon yang dicampurkan bawang merah akan memberikan rasa hangat pada tubuh bayi. Bayi yang sedang mengidap batuk pilek disarankan diberi asi lebih banyak dari biasanya. Jika memang bayi tertular batuk pilek dari orang tuanya, lebih baik dipisahkan dulu selama beberapa saat.


Pada dasarnya, obat tradisional batuk pilek pada anak dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Namun jika sakit masih berlanjut hingga 2 hari, lebih disarankan untuk memeriksakan si kecil ke dokter. Faktor asupan makanan merupakan salah satu faktor penting yang harus tetap dijaga. Kebersihan hidung dan lender harus tetap dijaga dengan cara rajin memeriksakannya ke dokter THT.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Join Our Newsletter