Minggu, 18 September 2016

Manfaat Sayur Brokoli Hijau Untuk Kesehatan Tubuh

Posted by   on

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang mempunyai berbagai macam manfaat. Manfaat brokoli hijau bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsinya secara rutin. Cara terbaik mengkonsumsinya adalah dengan direbus atau dikukus sebentar. Merebus atau mengukus terlalu lama akan menghilangkan kandungan gizi yang terdapat di dalam brokoli. Brokoli yang masih mentah juga tidak baik untuk kesehatan. Mengkonsumsi brokoli yang masih mentah akan membuat perut menjadi kembung. Manfaat brokoli hijau tidak hanya untuk kesehatan, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan anda misalnya untuk perawatan kulit.
manfaat sayur brokoli hijau

Berikut beberapa manfaat brokoli hijau


·         Menjaga kesehatan tulang
Brokoli hijau mengandung kalsium dan vitamin K yang mampu menjaga kesehatan tulang dan mencegah anda terkena resiko osteoporosis.

·         Sebagai system imun tubuh
Manfaat brokoli hijau bisa sebagai system imun di dalam tubuh, karena brokoli hijau mengandung selenium dan betakarotein yang dapat mencegah dan melawan penyakit.

·         Manfaat brokoli hijau untuk jantung
Kandungan karotenoid lutein di dalam brokoli hijau berperan untuk menghambat pertumbuhan arteri di dalam tubuh. Sehingga dengan mengkonsumsi brokoli hijau anda akan terhindar dari penyakit jantung dan stroke, selain itu vitamin B6 yang terkandung dalam brokoli juga menghindari anda terkena penyakit radang pembuluh darah.

·         Mencegah kanker
Untuk mencegah anda terkena berbagai macam penyakit kanker, anda bisa rutin mengkonsumsi brokoli hijau. Karena berbagai macam kandungan di brokoli hijau misalnya antioksidan dan Glucoraphanin bisa menghambat pertumbuhan sel- sel kanker dalam tubuh.

·         Melindungi system saraf
Kalium yang terkandung di dalam brokoli hijau bisa menjaga system saraf tetap sehat dan berjalan optimal. Selain itu, kandungan asam folatnya juga dapat meningkatkan kecerdasan otak terutama untuk anak.

·         Menurunkan berat badan
Salah satu manfaat sayur brokoli hijau ternyata bisa membantu dalam program diet. Brokoli hijau mengandung serat yang tinggi dan rendah karbohidrat yang dapat menurunkan berat badan.

·         Menjaga kesehatan kulit
Kandungan glucoraphanin dalam brokoli juga bisa melindungi kulit anda dari efek buruk sinar matahari, selain itu vitamin E di dalamnya juga bisa mencegah anda mengalami penuaan dini.

·         Mengurangi resiko tekanan darah tinggi
Kandungan kalium, kalsium, dan magnesium dalam brokoli bisa mengurangi resiko tekanan darah tinggi serta menjaga tekanan darah tetap normal.

·         Melancarkan pencernaan
Brokoli mengandung serat tinggi yang dapat melancarkan pencernaan anda, serta mencegah anda mengalami sembelit.

Itulah beberapa manfaat sayur brokoli, ketika anda ingin memasak brokoli pilihlah brokoli yang memiliki batang masih segar. Untuk penyimpanan brokoli yang benar, anda cukup memasukkannya ke kantong plastik dan taruh di kulkas.


1 komentar:
Write komentar

Join Our Newsletter