Minggu, 18 September 2016

Manfaat dan Kandungan Sayur Sawi Putih

Posted by   on

Sawi ternyata tidak hanya berwarna hijau tetapi ada juga sawi yang berwarna putih. Ada banyak sekali manfaat sawi putih apabila anda konsumsi secara rutin. Kandungan nutrisi di dalam sawi putih diantaranya vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, beta karotein, kalsium, asam folat, dan goitrogen. Manfaat sawi putih antara lain :
Manfaat dan Kandungan Sayur Sawi Putih

Untuk kesehatan mata
Vitamin A ternyata tidak hanya bisa anda dapatkan di tomat dan wortel saja, sawi putih juga bisa sebagai salah satu sumber vitamin A yang dapat menyehatkan kornea mata. Fungsinya yaitu dapat membuat sel epitel mengeluarkan keratin. Keratin ialah protein yang tidak dapat larut dalam ari dan bukan mucus.

Meningkatkan daya tahan tubuh dan bisa menyembuhkan luka
Manfaat sayur sawi yang selanjutnya yaitu sawi dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menyembuhkan luka. Ini dikarenakan kandungan vitamin C pada sawi setara dengan buah jeruk, sehingga bisa melawan dan mencegah penyakit. Selain kandungan vitamin C nya yang tinggi juga bisa menyembuhkan luka dengan cepat.

Mencegah anemia
Sawi putih juga mengandung asam folat yang berperan dalam pembentukan sel-sel darah merah normal di dalam sumsum tulang. Dengan memiliki sel darah merah yang normal, tentu akan mencegah anda menderita anemia.

Mencegah terkena penyakit jantung
Mencegah penyakit jantung menjadi salah satu manfaat sawi putih yang wajib anda ketahui. Karena penyakit jantung menjadi pembunuh utama seseorang yang bisa anda hindari. Kandungan vitamin C, vitamin E, dan Beta karotein dalam sawi putih berfungsi mencegah kolesterol dan juga penyakit jantung. Niasin yang terkandung di sawi putih juga dapat mengurangi resiko anda terkena serangan jantung.

Menghaluskan kulit
Vitamin E yang terdapat di dalam sawi putih bisa berperan sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas, dan membuat kulit anda tetap halus.

Mencegah terkena penyakit diabetes
Mencegah diabetes merupakan manfaat sawi putih yang bisa anda peroleh. Karena sawi putih mengandung kalsium yang dapat mengurangi kadar gula darah dalam tubuh.

Mengurangi resiko terkena osteoporosis
Untuk anda para wanita yang berusia di atas 50 tahun, anda perlu mengetahui manfaat sawi putih ini. Sawi putih dapat mengurangi resiko anda terkena osteoporosis, karena sawi putih mengandung kalsium tinggi yang dapat menjaga kepadatan tulang anda.

Mencegah gondok
Kandungan Goitrogen dalam sawi putih berfungsi untuk menghambat kerja kelenjar tiroid yang menjadi penyebab terjadinya penyakit gondok.

Mencegah bayi terlahir cacat
Ini bermanfaat untuk orang tua yang menginginkan bayi terlahir dengan sempurna, anda bisa rutin mengkonsumsi sawi ketika dalam masa kehamilan. Karena sawi mengandung asam folat yang baik untuk proses pertumbuhan dan perkembangan bayi di dalam kandungan. Asam folat juga bisa menghindari anda menderita anemia ketika hamil.


Demikian beberapa manfaat sawi putih baik dari segi kesehatan maupun kecantikan. Semoga bermanfaat untuk anda.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Join Our Newsletter