Minggu, 18 September 2016

Jenis Sayuran Yang Baik Untuk Kesehatan Mata

Posted by   on

Mata merupakan salah satu dari bagian panca indera yang berperan penting dalam kehidupan. Dengan mata kita dapat melihat keadaan sekitar dan dengan mata pula kita bisa beraktivitas dengan baik. Untuk itu, menjaga kesehatan mata merupakan hal wajib yang harus dilakukan agar mata kita tetap sehat. Sekarang ini tak jarang kita jumpai anak-anak yang masih remaja namun sudah menggunakan kacamata minus dengan silinder yang cukup besar.
Jenis Sayuran yang baik untuk kesehatan mata

Kerusakan pada mata dapat disebabkan karena berbagai faktor salah satunya terlalu lama menghadap komputer atau layar televisi. Mata yang sudah rusak akan mudah lelah ketika dihadapkan dengan suatu pekerjaan sehingga tidak bisa bekerja secara optimal. Untuk menjaga kesehatan mata, ada banyak cara yang bisa dilakukan salah satunya dengan memilah jenis makanan yang cocok. Sayur adalah jenis makanan yang bernutrisi tinggi dan berikut ini ada beberapa jenis sayur yang bisa anda konsumsi untuk menjaga kesehatan mata.

Sayur Yang Baik Untuk Kesehatan Mata


Wortel
Sudah tidak asing lagi ditelinga kita bahwa wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan beta-karoten dan viramin A yang dimilikinya berperan penting dalam menjaga kesehatan mata dan selain itu juga wortel memiliki manfaat lain yaitu melepas radikal bebas didalam tubuh.

Bayam
Makanan kesukaan popeye ini selain dapat menambah energi juga dapat menjaga kesehatan mata. Didalam sayur bayam terkandung nutrisi berupa vitamin C yang dapat mencegah kita dari penyakit Glaukoma. Selain itu, bayam juga banyak mengandung lutein dan zeaxanthin yang baik untuk menjaga kesehatan mata.

Brokoli
Sama halnya dengan sayur bayam, brokoli juga mengandung banyak nutrisi lutein dan zeaxanthin dimana nutrisi tersebut sangat baik untuk mata. Kedua nutrisi ini berfungsi untuk melindungi mata dari radiasi sinar matahari dan menurunkan resiko terkena katarak.

Tomat
Meskipun bukan dalam keluarga sayur tetapi tomat kerap digunakan sebagai pelengkap sayuran. Kandungan vitamin A yang ada pada tomat memiliki fungsi yang dapat menjaga kesehatan mata. Selain itu juga tomat mengandung vitamin C dan Lycopene yang berperan penting bagi mata.

Kacang-kacangan
Jenis kacang-kacangan seperti kacang almon mengandung vitamin E dan Asam lemak tak jenuh yang baik baik untuk jantung. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat melindungi mata dari bahaya radikal bebas yang disebabkan karena paparan sinar matahari dan mencegah katarak.


Dari banyaknya jenis sayur yang anda ketahui membuat kita tahu akan manfaat sayur yang sesungguhnya. Nah, dari pembahasan diatas diharap agar anda mengkonsumsi sayur lebih banyak karena selain menjaga kesehatan mata? Sayur juga baik untuk menghindarkan kita dari penyakit berbahaya lainnya.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Join Our Newsletter